Apa itu Java Script | Pengertian javascript
 

Javascript

Apa itu JavaScript?
JavaScript adalah bahasa pemrograman komputer yang dinamis. Ini ringan dan paling umum digunakan sebagai bagian dari halaman web, yang implementasinya memungkinkan script sisi klien untuk berinteraksi dengan pengguna dan membuat halaman dinamis. Ini adalah bahasa pemrograman yang ditafsirkan dengan kemampuan berorientasi objek.

JavaScript pertama kali dikenal sebagai LiveScript, tetapi Netscape mengubah namanya menjadi JavaScript, mungkin karena kegembiraan yang dihasilkan oleh Java. JavaScript membuat penampilan pertamanya di Netscape 2.0 pada tahun 1995 dengan nama LiveScript . Inti tujuan umum dari bahasa ini telah tertanam di Netscape, Internet Explorer, dan browser web lainnya.

Spesifikasi ECMA-262 mendefinisikan versi standar bahasa JavaScript inti.

  • JavaScript adalah bahasa pemrograman yang ringan dan ditafsirkan.
  • Dirancang untuk membuat aplikasi yang berfokus pada jaringan.
  • Pelengkap dan terintegrasi dengan Java.
  • Pelengkap dan terintegrasi dengan HTML.
  • Buka dan lintas platform

Client-Side JavaScript
Client-Side JavaScript adalah bentuk bahasa yang paling umum. Script harus dimasukkan dalam atau direferensikan oleh dokumen HTML untuk kode yang akan ditafsirkan oleh browser.

Ini berarti bahwa halaman web tidak harus berupa HTML statis, tetapi dapat mencakup program yang berinteraksi dengan pengguna, mengontrol browser, dan secara dinamis membuat konten HTML.

Mekanisme Client-Side JavaScript memberikan banyak keuntungan dibandingkan server-side script CGI tradisional. Misalnya, Anda dapat menggunakan JavaScript untuk memeriksa apakah pengguna telah memasukkan alamat email yang valid di bidang formulir.

Kode JavaScript dieksekusi ketika pengguna mengirimkan formulir, dan hanya jika semua entri valid, mereka akan dikirimkan ke Server Web.

JavaScript dapat digunakan untuk menjebak peristiwa yang diprakarsai pengguna seperti klik tombol, navigasi tautan, dan tindakan lain yang dilakukan pengguna secara eksplisit atau implisit.

Keuntungan dari JavaScript
Manfaat menggunakan JavaScript adalah –

  • Interaksi server kurang – Anda dapat memvalidasi input pengguna sebelum mengirim halaman ke server. Ini menghemat lalu lintas server, yang berarti lebih sedikit memuat di server Anda.
  • Umpan balik langsung kepada pengunjung – Mereka tidak perlu menunggu halaman dimuat ulang untuk melihat apakah mereka lupa memasukkan sesuatu.
  • Peningkatan interaktivitas – Anda dapat membuat antarmuka yang bereaksi saat pengguna mengarahkan mouse dengan mouse atau mengaktifkannya melalui keyboard.
  • Antarmuka yang lebih kaya – Anda dapat menggunakan JavaScript untuk memasukkan item seperti komponen seret dan lepas dan bilah geser untuk memberikan Antarmuka yang Kaya kepada pengunjung situs Anda.

Keterbatasan JavaScript

Kami tidak dapat memperlakukan JavaScript sebagai bahasa pemrograman lengkap. Tidak memiliki fitur penting berikut –

  • Client-Side JavaScript tidak memungkinkan pembacaan atau penulisan file. Ini telah disimpan karena alasan keamanan.
  • JavaScript tidak dapat digunakan untuk aplikasi jaringan karena tidak ada dukungan seperti itu tersedia.
  • JavaScript tidak memiliki kapabilitas multi-threading atau multiprosesor.
  • Sekali lagi, JavaScript adalah bahasa pemrograman yang ringan dan ditafsirkan yang memungkinkan Anda membangun interaktivitas ke halaman HTML yang statis.

Alat Pengembangan JavaScript

Salah satu kekuatan utama dari JavaScript adalah tidak membutuhkan alat pengembangan yang mahal. Anda bisa mulai dengan editor teks sederhana seperti Notepad. Karena merupakan bahasa yang ditafsirkan dalam konteks peramban web, Anda bahkan tidak perlu membeli kompiler.

Untuk membuat hidup kita lebih sederhana, berbagai vendor telah datang dengan alat pengeditan JavaScript yang sangat bagus. Beberapa dari mereka tercantum di sini –

  • Microsoft FrontPage – Microsoft telah mengembangkan editor HTML populer yang disebut FrontPage. FrontPage juga menyediakan sejumlah alat JavaScript kepada pengembang web untuk membantu dalam pembuatan situs web interaktif.
  • Macromedia Dreamweaver MX – Macromedia Dreamweaver MX adalah editor HTML dan JavaScript yang sangat populer di kalangan pengembangan web profesional. Ini menyediakan beberapa komponen JavaScript prebuilt yang berguna, terintegrasi dengan baik dengan database, dan sesuai dengan standar baru seperti XHTML dan XML.
  • Macromedia HomeSite 5 – HomeSite 5 adalah editor HTML dan JavaScript yang sangat disukai dari Macromedia yang dapat digunakan untuk mengelola situs web pribadi secara efektif.

Saat ini, JavaScript Netscape dan Microsoft’s JScript sesuai dengan standar ECMAScript, meskipun kedua bahasa masih mendukung fitur yang bukan bagian dari standar.

Jadi jika anda merasa siap untuk mulai belajar Java Script, Tunggu update artikel selanjutnya tengang Java Script saya akan bagikan dengan senang hati. Terimakasih dan tunggu update selanjutnya.

Published on: 7/28/20, 12:49 AM